CAPUNG

CAPUNG



CAPUNG
Capung merupakan hewan serangga yang digolongkan ke dalam bangsa Odonata. Capung berada tidak jauh-jauh dari air misalnya sungai, danau dan tempat air lainnya, karena di air merupakan tempat mereka bertelur dan menghabiskan masa pra-dewasa anak-anaknya. Capung dalam bahasa daerah sering dikenal dengan nama papatong (bahasa sunda), kinjeng (Jawa), coblang (Jjawa), kasasiur (bjn), dan masih banyak lagi.

Persebaran capung cukup luas, persebarannya bisa di hutan-hutan, kebun, sawah, sungai dan danau, hingga ke pekarangan rumah dan lingkungan perkotaan. Beberapa jenis capung ada yang merupakan penerbang yang kuat dan luas wilayah jelajahnya dan jenis yang lain memiliki habitat yang spesifik dan wilayah hidup yang sempit. Capung jarum biasanya terbang dengan lemah, dan jarang menjelajah jauh.

Siklus hidup capung bervariasi, umur capung dari bentuk telur hingga mati antara enam bulan hingga maksimal enam atau tujuh tahun. Capung meletakkan telurnya pada tumbuhan yang berada di air. Ada jenis yang senang dengan air menggenang, namun ada pula jenis yang senang menaruh telurnya di air yang agak deras. Setelah menetas, tempayak (larva) capung hidup dan berkembang di dasar perairan, mengalami metamorfosis menjadi nimfa, dan akhirnya keluar dari air sebagai capung dewasa.

Siklus hidup capung sebagian besar dihabiskan dalam bentuk nimfa, di bawah permukaan air, dengan menggunakan insang internal untuk bernapas. Tempayak dan nimfa capung hidup sebagai hewan karnivora yang ganas. Nimfa capung yang berukuran besar bahkan dapat memburu dan memangsa berudu dan anak ikan. Setelah dewasa, capung hanya mampu hidup maksimal selama empat bulan.


CAPUNG
Capung, Capung ini diposting oleh Horiq Sobarqah di blog CAPUNG INDONESIA 11 November 2013. ( 5.0 )

Ditulis Oleh : Horiq Sobarqah

Artikel CAPUNG ini diposting oleh Horiq Sobarqah pada hari Sunday, November 10, 2013. baca yang lenkap jangan langsung koment kentut.

5 comments:

  1. Sy suka dengan capung karena menurut sy hewannya unik, lucu tp ada jg yg menyeramkan....tp syg di daerah sy sdh agak susuh dicari capungnya,,,,, hidup CAPUNG indonesia...!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari disekitar sungai atau perairan yang segar mbak, biasanya capung mencari tempat untuk meletakkan telurnya di air.. Hidup capung indonesia.. :D

      Delete
  2. Replies
    1. Daerah sunda ya mas? Klo di sunda ma namanya papatong..
      klo di jawa namanya kinjeng.. :D

      Delete
  3. odonata = capung = kinjeng = dragonfly :)
    #CapungJarum

    ReplyDelete